WEB INDONESIATANPAJIL.ORG VERSI 3.0 (SSL/TLS) #ITJ #IndonesiaTanpaJIL

Coba tebak apa yang baru di web indonesiatanpajil.org?

Fokus!

Coba dizoom trus liat di pojok kiri atas!

Yup! Bener, ada icon padlock / gembok & HTTPS.

Eh emang itu apaan sih?
Icon padlock / gembok & HTTPS itu artinya web indonesiatanpajil.org sudah pakai SSL/TLS.

Eh SSL/TLS itu apaan sih?
SSL (Secure Socket Layer): Lapisan keamanan untuk melindungi transaksi di website dengan teknologi enkripsi data yang canggih.
Dikenal juga dengan istilah TSL (Transport Secure Layer): Suatu protocol layer transport yang digunakan dalam koneksi internet secara aman.
Sederhananya SSL/TLS membuat web menjadi trusted.

Tools untuk ngecek apakah SSL/TLS sudah terpasang dengan benar bisa kunjungi situs SSL Labs.
https://indonesiatanpajil.org dapat peringkat A.

Cara mengetahui bahwa situs web menggunakan SSL/TLS ada empat petunjuk visual:

  1. Icon padlock / gembok di sebelah kiri URL
  2. Prefiks URL HTTPS dan bukan HTTP.
  3. Segel Kepercayaan.
  4. Bilah alamat berwarna hijau (saat EV SSL/TLS diterbitkan).

Apa manfaat SSL/TLS?
SSL/TLS berfungsi untuk mengamankan informasi yang bersifat sensitif, misalnya data pribadi, pembayaran, atau informasi login, saat proses transmisi.
SSL/TLS yang digunakan oleh para webmaster untuk mengamankan website dan juga menyediakan proteksi lebih bagi visitor terkait transaksi. SSL/TLS ini mengotentikasi identitas situs web. Menjamin pengunjung bahwa situs web tersebut bukan merupakan situs web palsu.

Ada beberapa fungsi SSL/TLS antara lain:

  1. Melindungi data website dari Hacker & pencuri identitas.
  2. Meningkatkan kepercayaan pengunjung karena aman.
  3. Memperbaiki SEO atau peringkat website Anda.
  4. Data akan terenkripsi pada jalur antara website dan web browser dilindungi oleh public key dan private key.
  5. Sertifikat EV SSL/TLS meningkatkan prestisius perusahaan Anda dengan green bar dan nama perusahaan di address bar browser.
Tools untuk ngecek SSL/TLS menggunakan why no padlock, silahkan klik di sini.
https://indonesiatanpajil.org semuanya centang hijau.

Dalam sebuah rilis yang dikeluarkan oleh Google, bisa dibaca di sini. Google menyatakan komitmennya untuk membuat user merasa lebih aman dalam berselancar dari satu web ke web lainnya pada jaringan internet. Security atau Keamanan menjadi hal yang diprioritaskan bagi Google, untuk itu dalam menyediakan layanannya seperti Pencarian, Gmail, Drive semua dapat terhubung otomatis ke Google dengan aman. SSL/TLS menjadi salah satu elemen penting bagi pemilik website. Terutama setelah Google memutuskan untuk melabeli URL bar dengan Not Secure pada setiap website yang belum terpasang SSL/TLS. Jadi SSL/TLS adalah sistem keamanan untuk mengenkripsi pertukaran data yang terjadi antara komputer yang saling terhubung dengan jaringan internet.

Proses pasang SSL/TLS gampang gak sih?
Admin nanya kanan, kiri, depan belakang, bawah. Gak ketinggalan nanya sama YANG DIATAS, ya Allah bukalah hati & pikiran ini. Beri petunjuk agar bisa pasang SSL/TLS di web indonesiatanpajil.org.
Dapet info dari yang sudah duluan pasang & setting SSL/TLS. Katanya pasang SSL/TLS itu susah-susah gampang mahal.
Sempetin juga baca-baca di sini, ternyata banyak yang gagal pasang SSL/TLS, yang frustasi juga ada, yang marah-marah juga banyak. 😀 😀 😀

Ngintip harga di salah satu situs Indonesia yang jualan sertifikat SSL/TLS sempet bikin shock… * speechless *

Alhamdulillah akhirnya setelah berhari-hari Admin berjuang penuh keringat, darah & tetesan air mata #HalahLebay. SSL/TLS bisa terpasang di web indonesiatanpajil.org versi 3.0. *sujud syukur *.

Eh ngomong-ngomong kenapa sih Admin jadi tengil ikut-ikutan pasang SSL/TLS?
Jadi kronologisnya begono… *nyambi matanya nerawang ke atas… *

1. Awal banget tuh 2 tahun yang lalu ketika Admin menyampaikan ke temen-temen agar dilakukan upgrade hosting web indonesiatanpajil.org. Mengingat kuota hosting sudah limit. Tapi ternyata tidak ada feedbacknya, tidak ada tanggapan. Ini bukan salah siapa-siapa, murni kesalahan Admin yang kurang bisa mengkomunikasikan pentingnya upgrade hosting, pentingnya bikin akun keymaster, pentingnya bayar hosting & domain tepat waktu, pentingnya swadana web dengan cara megadakan pelatihan web & pasang iklan di web. Dengan kondisi hosting yang sudah limit seperti ini, jangankan melakukan install, update & backup, untuk posting aja Admin kudu pinter-pinter memilah konten post biar hosting gak abis.

2. Beberapa waktu yang lalu dari pihak hosting ada notifikasi cantik yang ngasih info kalo indonesiatanpajil.org disuspend dengan alasan spamming email junk, capture terlampir.

Setelah search di internet, ternyata pihak hosting emang hobby banget ngesuspend akun langganannya. Silahkan search di google dgn keyword “masterweb suspend”, hasilnya antara lain Surat pembaca Detik, Kaskus, Forum Diskusi Web Hosting, Blog 1, Blog2 dst.

3. Dengan sigap & cekatan #Halah, Admin meminta pihak hosting untuk membuka suspend, mengaktifkan kembali indonesiatanpajil.org. *nyisir belah pinggir ala anak alay *

4. Paska suspend dari pihak hosting web indonesiatanpajil.org jadi RUSAK! Notif yang muncul ketika itu adalah “ERROR 505”. Salah satu cara untuk mengatasi ERROR 505 adalah melakukan install & update. Agar bisa melakukan hal itu, maka ruang hosting harus diupgrade. So atas inisiatif sendiri Admin kemudian melakukan upgrade hosting karena ruang hosting yang sekarang tidak cukup apabila dilakukan install & update. Alhamdulillah ada dana dari hamba Allah a.k.a. dompet pribadi untuk upgrade hosting jadi lebih gede. 😀 😀 😀

5. Proses upgrade hosting mengharuskan migrasi server karena server yang lama sudah tidak support. Proses upgrade dari mulai pembayaran memakan waktu 3 hari termasuk di dalamnya proses resolve DNS. Kebayang gak 3 hari bete cuma nunggu doang gak ngapa2in… *bete nyambi pegang dagu *. FYI tahun 2018 web indonesiatanpajil.org swadana untuk pembiayaan hosting & domain lho. Dana didapat dari pelatihan web & pasang iklan di web. Trus koq gak dilanjutin min? Ya gitu deh…Admin kurang bisa mengkomunikasikan hal ini ke temen-temen jadi gak ada feedbacknya.

6. Kembali ke laptop! Masalah datang silih berganti, selanjutnya adalah login tidak bisa dilakukan via wp-admin. Hanya bisa melalui wp-login.php, URL yng munculpun sebagai berikut:
http://indonesiatanpajil.org/wp-admin/upgrade.php?_wp_http_referer=%2Fwp-admin%2F.

7. Setelah berhasil login ada notif “ERROR 404 THE REQUESTED URL WAS NOT FOUND ON THIS SERVER. THAT IS ALL WE KNOW.” Masalah yang muncul bersamaan dengan itu adalah tidak bisa masuk ke dashboard.

8. Masalah yang muncul selanjutnya adalah “ERROR 403”.

9. Satu masalah selesai kemudian muncul masalah yang lannya. Seperti tidak ada habisnya, yang muncul selanjutnya adalah
“Database Update Required
WordPress has been updated! Before we send you on your way, we have to update your database to the newest version.
The database update process may take a little while, so please be patient.”

10. Eh masih ada satu notif lagi dink…
“Error establishing a database connection
This either means that the username and password information in your wp-config.php file is incorrect or we can’t contact the database server at localhost. This could mean your host’s database server is down.”

11. Satu persatu Admin berusaha memecahkan masalah-masalah yang muncul. Untuk setiap masalah ada yang bisa selesai cuman dalam waktu 1 menit & ada juga yang dikerjain sampai 8 hari! Oalah lama amat Min? Hehehe… itu juga sudah nanya kanan, kiri, depan, belakang, bawah. Dan gak lupa nanya sama YANG DIATAS juga, minta dikasih petunjuk-Nya. Ada tetangga sebelah yang gak sabaran lho. Disangkanya ngebenerin web rusak itu sama kayak membalik telapak tangan…hehehe…

12. Alhamdulillah web indonesiatanpajil.org akhirnya pulih kembali. Sampai tulisan ini dibuat status web insya Allah 90%. Langkah selanjutnya untuk meningkatkan security maka Admin berinisiatif untuk pasang SSL/TLS.

13. Paska SSL/TLS terpasang di web masih belum muncul icon padlock atau gembok dan HTTPS. Masih harus dilakukan beberapa hal lagi yaitu: redirect HTTP ke HTTPS via htaccess, edit URL di dashboard admin pada General Settings – WordPress Address & Site Address. Karena URL-nya FREEZE gak bisa dirubah terpaksa editnya di wp-config. Terakhir reupload image di landing page. Done https://indonesiatanpajil.org versi 3.0 akhirnya brojol!!!

Eh katanya sih ada lagi security yang lebih canggih namanya DNSSEC. Perbedaan SSL/TLS dengan DNSSEC adalah. SSL/TLS itu bikin web jadi trusted. Kalau DNSSEC bikin web jadi verified. Kira-kira begitu… 😀

Ada yang malu-malu nanya bisik-bisik sama Admin contoh web yang belum terpasang SSL/TLS. Btw web di bawah ini terindikasi belum dipasangin SSL/TLS. Menurut google, web yang belum pasang SSL/TLS itu not secure bukan menurut saya lho. Ampun Ustad… 🙂 *salim *

Alhamdulillah, terima kasih ya Allah akhirnya indonesiatanpajil.org versi 3.0 SSL/TLS bisa rilis. Kalau niat baik insya Allah ada jalan dikasih kemudahan. Ucapan terima kasih juga buat temen-temen yang support, sudah mau direpotin buat nanya-nanya nyambi maksa. *salim satu-satu *

Salah satu adab terhadap ilmu adalah mengamalkannya.
Semoga Admin masih diberi amanah untuk menjadi kuncen web indonesiatanpajil.org versi 3.0, sehingga bisa mengamalkan ilmu yang tidak seberapa ini.
Sami’na wa atho’na. Apapun hasilnya Admin terima karena itu adalah qadarullah.

Merapat dalam shaf, berderap dalam barisan. Allahu Akbar.

#ITJ #IndonesiaTanpaJIL