Workshop ITJ Depok: Upaya Membekali Diri Dari Virus SEPILIS

 

Depok – #IndonesiaTanpaJIL Chapter Depok kembali menggelar Workshop untuk para calon pengurus baru pada Minggu (18/03/2018). Workshop yang berlangsung di DILO (Digital Innovative Lounge) Depok tersebut, dihadiri oleh kurang-lebih 20 peserta. Hadir sebagai pembicara pada workshop tersebut, yaitu koordinator chapter ITJ Depok Randy Iqbal, dan pengurus ITJ Pusat Chandra Yudhangkara.

 

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut, langsung menampilkan Randy Iqbal yang membahas tentang bahaya pemikiran SEPILIS (Sekularisme, Pluralisme dan Liberalisme). Mantan Vokalis band tersebut menjabarkan tentang sejarah Islam Liberal yang mencoba mengadopsi pemikiran menyimpang SEPILIS yang muncul pasca zaman the dark ages di Eropa.

 

“Virus pemikiran ini muncul pasca the dark ages di Eropa sekitar abad pertengahan, dimana hegemoni gereja saat itu sangat besar dan masuk keseluruh kehidupan masyarakat. Hingga akhirnya, masyarakat menjadi trauma dan anti dengan gereja dan agama,” pungkas Randy

 

Di sesi selanjutnya, peserta workshop menerima pembahasan tentang Sejarah #IndonesiaTanpaJIL yang disampaikan oleh Chandra Yudhangkara. Chandra mengatakan bahwa gerakan ITJ ini berdiri akibat kegerahan dan “gatal”nya para pemuda Islam terhadap kelompok Jaringan Islam Liberal.

 

“Pada saat hashtag #IndonesiaTanpaJIL muncul, ternyata yang men-support dan mendukung sangat banyak. Fanpage kita di FB, followers di Twitter dan Instagram bahkan subscribers di Youtube berkembang sangat pesat. Ini merupakan salah satu bukti bahwa kelompok JIL itu banyak ditolak pemikirannya di Indonesia,” ujar Chandra yang juga pengurus SPI Pusat.

 

Awe, yang hadir sebagai peserta di workshop tersebut memberikan kesannya setelah mengikuti kegiatan tersebut. “Saya terkesan dengan para pemuda yang tidak perlu penampilan alim atau background agamis tapi mereka peduli dengan kondisi agamanya. Saya terkesan dengan model dakwah kreatif yang ITJ lakukan, yang berdiri indipenden bersatu diatas semua ormas,” tambah Awe.

 

Randy Iqbal sebagai Koordinator Chapter ITJ Depok juga menjelaskan harapan kedepannya setelah workshop ini terlaksana. “Setelah WS ini, akan diadakan pergantian ke pengurusan, karena memang kesuksesan sebuah organisasi akan terbukti bila sistem regenerasi berjalan sesuai target. Lebih jauh lagi, bermunculannya ide-ide baru dari setiap kawan-kawan baru yang akan masuk ke ITJ akan membuktikan kaderisasi yang militan dan solid dalam melakukan dakwah dengan beragam metode yang kreatif.” pungkas Randy.

 

Workshop yang berakhir sekitar pukul 13.00 WIB tersebut, ditutup dengan pembagian doorprize berupa buku kepada beberapa peserta dan makan siang bersama. (itjdepok/yp)