Kekuatan Generasi Muda Islam dalam Dakwah Kreatif

Sabtu, 24 Oktober 2015, bertempat di Aula Ar-Rahman Quranic Learning (AQL) Islamic Center – Tebet, #IndonesiaTanpaJIL Chapter Jakarta menggelar Talkshow bertajuk “The Power of Youth” yang diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda yang akan diperingati pada tanggal 28 Oktober mendatang.

Diawali dengan mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran, Talkshow yang dimulai pukul 9 pagi ini menghadirkan dua narasumber. Zaky Ahmad Rivai, seorang aktivis ITJ, Ketua KAMMI dan penulis buku “Islam Gak Liberal” dan “Jangan Berdakwah Nanti Masuk Surga” dan Oryza Sativa, seorang guru dan public relation komunitas kreatif Hijabographic. Dalam kesempatan ini, kedua narasumber diberikan waktu untuk memotivasi peserta agar tidak takut untuk memulai berkarya dan mengembangkan ide-ide kreatif mereka untuk kepentingan dakwah.

Ketika ditanya oleh moderator, Sartika Idayu, apakah hambatan-hambatan yang dirasakan oleh Zaky sebagai aktivis yang berdakwah dengan berorganisasi dan menulis? Menurutnya, hambatan atau tantangan dakwah sebenarnya banyak, termasuk ketika dipuji-puji oleh orang lain, karena pujian ini sebenarnya berbahaya, jika tidak mampu menyikapi dengan benar.

Di sisi lain, Oryza berpendapat bahwa tantangan berdakwah kreatif adalah ketika sebuah karya dicontek atau dijiplak oleh orang lain, meski begitu, Oryza tetap menyarankan untuk tetap sabar dan tidak berhenti berkarya hanya karena alasan tersebut.

“Acara ini bagian dari program ITJ Jakarta Goes To School, juga untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda. Target pesertanya pun difokuskan kepada teman-teman yang masih sekolah di tingkat SMA dan SMK atau yang sederajat”, ungkap Rinda Karina, Project Manager acara “The Power of Youth”.

Selain Talkshow, ITJ Jakarta juga menghadirkan Suwandi Basyir sebagai Produser Film Tausiyah Cinta yang dalam waktu dekat ini akan tayang di bioskop. Puluhan peserta yang hadir saat itu terlihat antusias dan tertarik dengan Film yang bergenre dakwah ini.

Setelah pemutaran trailer Film Tausiyah Cinta, acara dilanjutkan dengan pembacaan Sumpah Pemuda Tanpa JIL yang dipandu oleh Rizki Dwi Siswanto selaku MC dalam acara tersebut. Doa penutup yang dipimpin oleh Zaky menjadi akhir dari acara tersebut. (ITJ Jakarta)