Apa Kata Panitia Tentang #SilatnasITJ2013

“Berawal dari seorang bocah 3 SMA yang tak mengenal siapapun di #IndonesiaTanpaJIL, dan bisa menjadi kepanitiaan di acara terbesar #ITJ. Allah Pembuat Rencana Terbaik. Salut dengan Troops #ITJ, dan #SilatnasITJ2013. Kalian Luar Biasaaaa..!!  Oi..oi..oi..oi..” (Chandra @mastercapung @ITJDepok)

 

Seorang bocah bisa masuk dalam kepanitiaan acara besar? Kok bisa? Bisa dong. Cuma di ITJ pastinya. #IndonesiaTanpaJIL ini memang fenomenal. Lahir dari hashtag aja, bisa menyatukan ruh-ruh yang saling terpaut.

 

“#SilatnasITJ2013 luar biasa. Ada yang datang dari jauh, bahkan berkendara ratusan kilometer demi hadir di Silatnas. Panitia begadang berhari-hari, dan tokoh-tokoh yang hadir pun luar biasa. Kalau bukan karena keikhlasan, tak mungkin bisa begitu. (Akmal Sjafril @malakmalakmal @ITJBogor)

 

Wow! Ada yang datang dari jauh? Emang dari mana aja siiih? #mulaikepo
#SilatnasITJ2013 ini dihadiri oleh perwakilan chapter dari seluruh Indonesia; Samarinda, Medan, Padang, Pekanbaru, Lampung, Jakarta, Bekasi, Bogor, Depok, Bandung, Cimahi, Jogjakarta, Semarang, Malang, Purwokerto, Cikarang, Jambi, Batam, Garut, Subang, Sukabumi, Tangerang. Dan dari 22 chapter itu, tercatat sebanyak 180 orang peserta. Banyak banget ya. Panitia ga kerepotan tuh?

 

Terharu menyambut ukhti-ukhti dari luar pulau. Dan salut sama mereka yang pastinya ngeluarin dana dan tenaga yang ga sedikit untuk dateng. Apalagi dari palembang. Mereka tetep ceria walau menempuh 24 jam perjalanan jalur darat. Juga salut untuk ukhti dari batam, akhwat sendiri jauh-jauh, tiba di lokasi sekitar pukul 3 pagi. Hampir-hampir meneteskan air mata waktu saya menjabat tangannya. Banyak waktu yang tersita, banyak tenaga yang tercurah, lelah adalah lumrah, tapi inilah #oneukhuwah. Semua terbayarkan ketika bertemu dan berjabat dengan sodara-sodara yang dirindu. Semoga silatnas ini benar-benar merekatkan barisan kita. (Weni @wenionly @ITJBogor)

“Gimana yaa..Awalnya ga kenal sama semua panitia kecuali kang Inu. Dan dijebloskan ke sie LO di menit-menit terakhir. Alhamdulillah niat pengen bantu-bantunya terlaksana n dapet banyak sodara baru. Walaupun baru pada ketemu, adaptasinya lancar banget. Hampir gak ada dukanya sih. Kecuali malem pertama cuman tidur setengah jam. hehe” (Adi @edew_ @ITJSukabumi)

 

Ini gimana sih? Belum saling kenal kok udah jadi kepanitiaan? Betul. Acaranya sukses pula. Kok bisa ya?

 

“Alhamdulillah. Segala puji hanya untuk Allah SWT Robbul izzah. Dalam serba keterbatasan insani, Dia beri kita kekuatan tuk tunaikan amanah ini. Walau kerja tak luput dari kekurangan,  berpeluh, berkeringat, jadi begitu indah dalam dakwah. Mata yang sembab, tubuh yang layu, segala lelah kita jadi bulir-bulir bukti kecintaan pada-Nya. Semoga tercatat sebagai “amalan mutaqabbalan”. Ketahuilah, lelah kami tiada sebanding dengan besarnya kegembiraan serta gelora jiwa yang dapat diberikan kepada peserta melalui Silatnas ITJ 2013. Bangga bisa bekerja bersama anda sekalian!!!” (Sabar @abuafiqah @ITJBogor)

 

Mantap! Memang terasa, segala lelah yang dilakukan atas dasar ukhuwah, takkan pernah terasa. Lha terus, kok bisa tercipta acara se-Masya Allah itu?

 

“Silatnas kali ini benar-benar “dalem”. Konsep #OneMovement yang didasari keimanan kepada Allah terasa sekali di seluruh materi, terutama saat muhasabah dan taushiah shubuh. #OneUkhuwah pun sangat terasa dengan hadirnya 20 chapter lebih, ditambah pengisi-pengisi acara dari berbagai latar keislaman. Ahh, indah banget rasanya. Bener-bener ITJ banget :)” (Atikah @atikahwidarti @ITJBogor)

 

Oalah.. Itu toh kuncinya, #SilatnasITJ2013 ini bisa berjalan lancar dan membahagiakan. Pasti sangat berkesan kan? 🙂

 

“Silatnas ITJ tahun 2013 memberikan kesan yang sangat mendalam. Tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. :’) Tapi ada 1 kejadian yang paling berkesan: lihat ketuplak @donadrummer dapet hadiah rok :D”  (Ririn @ririnDjunaediQB @ITJBogor)

 

Memang, sepertinya hanya kata yang mampu mengungkapkan segalanya. Namun ternyata, ada yang lebih bisa menggambarkan kesan selain kata-kata, ia adalah ketulusan.

 

“Nothing to do with luck, #SilatnasITJ2013 bisa terselenggara karena kekuasaan Allah, berbagai latar belakang berbeda bersinergi karena satu alasan ukhuwah Islamiyah. Sensasi silatnas itj 2013 itu sama percis kaya nonton Persib di stadion! Amazing.” (Yordan @dan_kawan_kawan @ITJBogor)

 

Wiiih.. Bayangin dong, gimana ramenya stadion dengan ribuan orang. Yang terlihat sih memang hanya 180 orang, tapi yang tak terlihat ada ribuan. Malaikat. 🙂

 

“silatnas itj 2013 mantep bener, meskipun persiapan cuma H-2 bulan, rapat ga pernah kumplit, tapi panitianya tetep luar biasa. Pesertanya juga luar biasa, datang dari hampir seluruh pelosok negeri. Pokoknya kalian luar biasa. #TerAriel”
(Adi @adizul @ITJBogor)

 

Tuh kan, #SilatnasITJ2013 ini memang luar biasa. Cuma di sini ikhwan-ikhwan tak malu untuk menangis. Karena ini bukti cinta men. Cinta!

 

 “#SilatnasITJ2013 kali ini cukup membuat perasaan mengharu biru. Banyak sebabnya, tapi yang pasti ikatan ukhuwah karena Allah begitu dominan terasa. Semoga berkumpulnya kita semua tak hanya di dunia, melainkan hingga kelak di Jannah-Nya. Aamiin. (Maya @mat4ra @ITJDepok)

 

Aamiin.. Banyak doa ya di silatnas ini. Banyak yang tak menyayangkan hasilnya. Pasti persiapannya lama sekali nih. Tidak!

 

“Mungkin kebersamaan kita terhitung hanya sesaat, namun semua hati kita tetap terpaut tiada jarak dan waktu. Kita bersama tetap terikat, terkait, pada satu Gerakan. Pada satu persaudaran yang di dalamnya penuh benih-benih kerinduan hanya karena Allah. Banyak hal yang mewarnai perjalanan  bersama #IndonesiaTanpaJIL. Yang paling berwarna adalah ketika kita saling direkatkan satu sama lainnya dan itu dari berbagai karakter dan kepala orang-orang yang salih/ah seperti kalian.” (Adjie @hulubalang_ @ITJDepok)

 

Begitulah, ketika jarak dan waktu kian membuntu oleh hadirnya ukhuwah. Ukhuwah pun yang membawa seseorang merasa mendapatkan tempat istimewa.

 

Meski harus tidur di aula dan dingin mendera tapi senang bisa jalanin tugas dengan maksimal, Meski rundown acara diluar perkiraan dan akhirnya improvisasi karena tamu-tamu yang luar biasa hadir. Atas izin Allah semua bisa terealisasi, nge-MC berdua Tyo dan baru kenal pas hari – H tapi langsung dapet chemistry.  Semoga silatnas akan datang ngga jomblo lagi *doapenuhharap* (Indra Pratama @RaihanAlfatih @TanpaJIL)

 

Ya, beginilah Allah punya skenario, apapun yang terjadi inilah ketentuan Allah.

 

“Terima kasih untuk teman-teman yang memberi kesempatan kepada saya untuk bergabung bersama itj tanpa melihat latar belakang saya sebelumnya. Saya baru melihat suatu pergerakan di mana anggotanya para anak muda dari berbagai kultur, pendidikan, status sosial tapi mereka tidak mendiskriminisasikan orang-orang yang baru hijrah seperti saya, justru mereka lebih merangkul saya untuk lebih beristiqomah. Luar biasa tali ukhuwah kalian yang bersedia berkorban meninggalkan semuanya demi islam. Bahkan mengorbankan waktu kalian. Tidak banyak yang saya bisa ucapkan. Terima kasih untuk para troopers #IndonesiatanpaJIL. Teruskan berjuang, jangan pernah lelah untuk berjuang di jalan Allah. Cari terus generasi-generasi penerus kalian. *maaf jika ane salah nulis karena ane ga bisa nulis*. Di ITJ ane menemukan arti sebuah persaudaraan (ukhuwah), pertemanan yg erat, selalu mengajak berbuat kebaikan, luar biasa dah kalian. (Topson @roktafiansyah @ITJDepok)

“Jadi bagian dari kepanitiaan #SilatnasITJ2013 adalah suatu kebahagiaan tersendiri. Bisa mengenal lebih dalam lagi teman-teman dari beberapa chapter, unik dan tentu dengan kelebihan-kelebihannya masing-masing, MasyaAllah. Dona yang selalu terfojokkan (sengaja typo), Odan yang kalo ngomong keik orang ngajak ribut wae, Gita yang selalu males nyatet kalo Weni berhalangan hadir rapat, Bang Akmal yang ngecrek-ngecrek, Kang Inoe boss sayah yang paling pengertian *ahapaiya*, Pak Sabar yang sabar mbikinin konsep acara sampe sekeren kemarin ituhhhh. Aaaaakkk masih banyakkk yg belum disebutkan satu persatu. Cuma di #SilatnasITJ2013 saya makan sambil ngantuk. Cuma di #SilatnasITJ2013 saya bisa ketemu sama @ITJPadang dan @ITJPalembang. Dan cuma di #SilatnasITJ2013 ketuplak @donadrummer menemukan roknya yang hilang #eh. Meski lelah, kenangan #SilatnasITJ2013 tak kan punah, semoga kita tetap bersama dalam ikatan ukhuwah. Ikhwahfillah :)” (Anila @gusfaniie @TanpaJIL)

 

Masyaa Allah.. Adakah yang mampu membunuh lelah selain ukhuwah? :’)

 

“Hanya dengan hashtag #IndonesiaTanpaJIL di dunia twitter, tapi sangat mencuri perhatian khalayak ramai. Hanya dengan hashtag itu jualah, indahnya Islam semakin terasa. Ukhuwah kami begitu hangat, meskipun belum saling kenal di dunia nyata. Tapi karena Imanlah kita dipersaudarakan, hingga kehangatan itu “mewarnai” pribadi-pribadi yang ada disekitarnya. Di #SilatnasITJ2013 ini Allah yang pertemukan kita, kemudian Allah yang himpun kita, dan Allah yang menolong kita dalam gerak da’wah ini. Jangan gentar ikhwah fillah, walau cacian, fitnah hadir dari segala penjuru. Karena jika sudah ada Allah dihatimu, sudah ada Allah dalam aktivitasmu, sudah ada Allah dalam hidupmu, maka apalagi yang kau ragu ikhwah? Inilah kami, One Movement One Ukhuwah! Indonesiaaaaaaaa… Tanpa JIL” (Elsa Marhatintri @teh_echa @TanpaJIL)

 

Lagi-lagi, inilah ukhuwah yang sebenarnya. Allahu Akbar.

 

“Jazakallah khairan buat semua rekan panitia Silatnas ITJ 2013, maaf  kalo kontribusi saya selama persiapan acara minim dikarenakan adanya amanah di tempat lain. Namun itu semua saya bayar dengan totalitas saat hari H. Menjepret seluruh peserta yang hadir di photo booth sendirian! Tapi itu tak seberapa dengan perjuangan rekan-rekan semua. Salute to all of you! Salut juga buat seluruh peserta dari seluruh penjuru negeri menuju satu tempat, walau belum saling kenal. Layaknya sunatullah, ruh-ruh pejuang akan berkumpul bersama di Jannah-Nya nanti. Allahu Akbar! (Lucky @luckysubiakto @TanpaJIL)

 

Bahkan ketika kesibukan lain menyita waktu kita, tak terasa hati kita bersatu dalam gerakan ini. One Movement!

 

“Dan #BegitulahUkhuwah #BegitulahCinta 😀 Begitulah ketika hati-hati sudah terpaut oleh cintaNya. Bertemu & berpisah karenaNya. Mencinta & membenci karenaNya. Bersama, berbagi & bersinergi karenaNya. Hidup ini indah, bro! Indah bagi kita yang semangat mengindahkannya. Indah bagi kita yang mau berjamaah membangun cinta. Indah bagi kita yang ridha mencintai Allah & Allah pun ridha mencintai kita. #SalamSatuJari Indonesiaaa… Tanpa JIL :D” (Ajeng @a23nk_ @ITJBekasi)

 

Terakhir, kita simak sambutan dari ketua pelaksana #SilatnasITJ2013 😀

 

“Bangga berada di barisan ini. Alloh mempertemukan kita dalam satu nafas perjuangan Islam di #IndonesiaTanpaJIL. Kepada panitia silatnas, hati ini menjadi saksi ke ikhlasan dan jerih payah kalian untuk terwujudnya semua harapan. Kesuksesan SilatnasITJ2013 ini adalah ketika kita mewujudkan apa yg kita hasilkan disana. Pesan saya! Tolong dihapus agenda tukar kadonya! TOLONG! (Dona @donadrummer @ITJBogor)

 

spanduk